Simak 7 Cara Tepat Mencuci Mobil Sendiri

Harga mobil yang cukup tinggi membuat banyak orang memutuskan untuk merawat mobil dengan sungguh-sungguh. Mulai dari membawa ke bengkel, hingga mengurusnya sendiri di rumah. Begitu pun dengan urusan mencuci mobil, ada yang membawanya ke tempat cuci mobil, namun ada juga yang mencucinya sendiri di rumah.

 

Untuk Anda yang lebih suka mencuci mobil sendiri di rumah, pernahkah terpikir bahwa ternyata ada cara khusus agar mobil tetap terawat? Kegiatan mencuci mobil bukan hanya agar sekadar bersih saja, namun juga harus tampak terawat. Mau tahu caranya? Simak di bawah berikut.

 

Hindari mencuci di bawah terik matahari

Pasti Anda sering melihat orang yang mencuci mobil di bawah sinar matahari atau mungkin Anda sendiri yang melakukannya? Cara ini sebaiknya dihindari karena air dan sabun yang ada pada mobil akan mengering karena panas sinar matahari. Jika mengering, akan menyebabkan kerak dan jamur pada bagian mobil.

 

Jangan gunakan sabun cuci piring

Tidak sedikit orang yang menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil lantaran busanya banyak dan hasilnya kesat. Namun ternyata cara ini akan menimbulkan banyak goresan dan membuat cat mobil menjadi kusam. Sebaiknya gunakan sampo khusus mobil yang mengandung pH rendah supaya tetap mengkilap.

 

Gunakan alat-alat yang tepat

Ada beberapa alat yang memang diciptakan untuk merawat mobil agar selalu awet. Dalam hal mencuci mobil, Anda perlu menyiapkan selang nozzle, spons lembut yang biasanya berukuran besar, kain microfiber, sampo khusus mobil, sikat pembersih roda, serta dua ember berisi air sampo dan air bilasnya. Untuk bagian interior, Anda bisa gunakan vakum mobil.

 

Hindari mencuci dengan gerakan memutar

Seringkali saat mencuci mobil, gerakan yang dilakukan ialah memutar spons sabun penuh busa ke segala sisi mobil. Padahal gerakan tersebut hanya akan menyebabkan debu dan kotoran menyebar ke arah lain. Sebaiknya lakukan gerakan dari atas ke bawah, mirip gerakan saat menyikat gigi.

 

Mulai dari membersihkan bagian atas

Mulailah dengan membersihkan bagian teratas mobil yaitu atap. Siram dengan air seluruh permukaan mobil dan mulailah menggosok dengan spons lembut bersabun. Menyiram air sebelum menggunakan sampo mobil dapat membantu melunakkan lumpur atau kotoran kering yang menempel. Jadi saat digosok, akan lebih mudah.

 

Bilas dengan air dari bagian atas

Jika semua sudah tertutup busa, bilas dengan air bersih dari bagian atas. Jangan memulai dari bagian tengah atau bawah karena akan membuat kotoran naik menyebar ke permukaan mobil.

 

Lap dengan kain hingga kering sempurna

Jangan pernah membiarkan titik-titik air kering dengan sendirinya, karena akan berkerak dan menyebabkan kusam pada mobil. Sebaiknya langsung keringkan dengan lap agar tidak tertinggal noda air.

 

Bagi Anda terpikir untuk menambah mobil dengan cara kredit, yuk berkunjung ke SEVA. Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu kamu untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial. Tak hanya itu, kamu pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, kamu bisa mendapatkan mobil yang diinginkan hanya dengan sentuhan jari.

 

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu kamu untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk kamu di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

 

Yuk, beli mobil yang jelas hanya di SEVA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.