Kemenangan Ketiga Beruntun, Red Bull Racing Honda Tempatkan Dua Pebalapnya di Podium GP Prancis

– Tim Red Bull Racing Honda sukses menempatkan kedua pebalapnya naik podium pada seri balap F1 Grand Prix Prancis yang berlangsung di sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, Minggu, 20 Juni 2021. Max Verstappen berhasil memenangkan Grand Prix Prancis diikuti rekan setimnya Sergio 'Checo' Perez di posisi ketiga. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama tim Red Bull di Prancis.

Selain itu, kemenangan ini juga sekaligus menandai kemenangan ketiga mereka secara beruntun pada musim balap tahun 2021 ini. Hal ini juga menjadi pertama kalinya sejak tahun 1991, dimana mobil bertenaga Honda mampu meraih tiga kemenangan secara beruntun. “Kemenangan Max dan Checo memperoleh podium ketiga merupakan momentum yang sangat membanggakan. Musim ini sangat menjanjikan bagi tim Red Bull Racing, para penggemar F1 dan konsumen pelumas Mobil turut merayakannya di Indonesia,” ungkap Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia.

Balapan di GP Prancis berlangsung menegangkan dimana Max kehilangan posisi terdepannya di tikungan pertama. Max kemudian berusaha untuk menekan hingga ia masuk pit stop pada lap 18. Max kembali dapat mengambil alih posisi terdepan pada lap 19 setelah berhasil melewati Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Sementara itu, Sergio Perez memimpin balapan hingga putaran ke 24 sebelum melakukan pit stop dan bergabung kembali di urutan keempat. Max kemudian melakukan pit stop kedua di lap 32 untuk mengganti ke ban medium. Sementara para pebalap tim Mercedes tetap bertahan di trek dengan strategi satu kali pit stop.

Strategi dua pit yang dilakukan oleh tim membuahkan hasil untuk Max dimana ia dapat mengejar kembali Hamilton dan Bottas. Max berhasil mengambil posisi dua dari Bottas dengan sembilan lap tersisa. Tak hanya Max, Sergio pun berhasil melewati Bottas untuk mengambil posisi ketiga.

Max kemudian berhasil mengambil alih posisi terdepan lagi dari Hamilton pada 2 lap terakhir dan mempertahankan posisi terdepannya hingga garis finis. Ia berhasil meraih kemenangan ketiganya di musim ini. Max pun menjadi pebalap dengan lap tercepat dan berhasil meraih tambahan jadi 26 poin.

"Memenangkan balapan ini adalah upaya tim yang luar biasa dan memiliki podium ganda di trek seperti ini benar benar menunjukkan kerja keras yang dilakukan semua orang di sini dan di Milton Keynes di pabrik kami dan Honda," kata Max Verstappen. "Kami memutuskan untuk menggunakan strategi two stop yang bekerja dengan baik karena mobil kami cocok dengan kondisi menjelang akhir balapan karena angin menjadi sedikit berkurang dan trek menjadi licin. Pada akhirnya kami membuat keputusan yang tepat untuk kedua mobil dan senang berada di podium bersama Checo. Kita semua harus menikmati ini selama beberapa hari sampai kita tiba di Austria dan mulai lagi,” katanya. Adapun Checo mengatakan timnya melakukan pekerjaan yang fantastis dengan strategi hebat dan membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat, sangat baik untuk semua orang di sini dan di pabrik.

"Yang paling penting ini adalah hasil yang bagus bagi mereka dan saya senang akan hal itu,” ujar Checo. Sementara itu, pebalap asal Prancis Pierre Gasly dari tim Scuderia AlphaTauri Honda berhasil menyudahi balapan kandangnya di posisi ketujuh. Rommy Averdy menyebut, Podium ganda ini tentunya tidak terlepas dari teknologi yang mendukung performa mobil balap RB16B dengan pelumas mesin Mobil1.

"Dan keunggulan teknologi ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia karena kami menyediakan rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di pasar Indonesia.” Dia menjelaskan Mobil 1 baru baru ini mengembangkan terobosan pelumas mesin bekerjasama dengan Honda Research and Development dan Red Bull Racing Honda. Pelumas Mesin Mobil 1 RB16B yang baru dirancang khusus untuk unit Honda yang baru, membantu menghasilkan tenaga maksimum tanpa mengorbankan perlindungan atau efisiensi bahan bakar.

Adapun Toyoharu Tanabe, Technical Director Honda F1 mengatakan, kemenangan yang fantastis untuk Max Verstappen di posisi pertama dan Sergio Perez di posisi ketiga. Kemenangan ini juga menjadi podium ketiga berturut turut Honda. “Max berhasil menjalankan strategi yang dikombinasikan dengan mobil yang kuat dan performa power unit yang membuatnya kembali memimpin di akhir balapan,” ucapnya dilansir Kompas.com , Senin (21/6/2021).

“Untuk Scuderia AlphaTauri Honda, Pierre Gasly kembali menunjukkan performa yang kuat dan menunjukkan betapa konsistennya dia sama dengan Yuki. Persaingan sangat ketat sepanjang akhir pekan, tetapi semua elemen tim melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Ini adalah hasil yang sangat menggembirakan untuk balapan yang akan datang di kandang Red Bull di Austria,” ucapnya. Hingga saat ini, tim Red Bull Racing Honda sudah berhasil mengumpulkan 215 poin di posisi pertama klasemen sementara konstruktor F1 2021, sementara tim Scuderia AlphaTauri dengan 45 poin di posisi ke 5. Seri balap selanjutnya akan diadakan di Grand Prix Styria pada tanggal 25 27 Juni 2021 dan Grand Prix Austria, bertempat di sirkuit Red Bull Ring pada tanggal 2 4 Juli 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.